Rabu, 22 Nopember 2017

Sate Pojok Desa Sugihwaras Ngancar Sangat Istimewa

Siapa yang tidak mengenal kuliner yang satu ini, bahan-bahnnya sangat sederhana yaitu daging kambing yang ditusuk dengan bambu kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang, kecap dan dilengkapi dengan irisan bawang merah menambah khas bau dan rasanya. Sate namanya, kuliner ini sudah menjamur di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Kediri.

sate sugihwaras 1Salah satu kuliner sate terlezat di Kabupaten Kediri terletak di dusun Jambon desa Sugihwaras kecamatan Ngancar. Warung sate sederhana ini milik bapak Wisnu Murti yang sudah berjualan Sate sejak tahun 1997 silam. Sebelum berjualan sate awalnya pak Wisnu ini berjualan rujak ulek sejak tahun 1992. Baru pada tahun 1997 itu berjualan sate yang masih campur dengan jualan rujak. Melihat pelanggan banyak yang memilih sate sebagai makanan kesukaannya kemudian pak wisnu fokus berjualan sate saja.

Yang membuat sate buatan pak Wisnu disukai oleh pelanggan karena daging kambing sebagai bahan baku berkualitas bagus. Jika daging itu bagus hasil setelah dibakar itu bila dikunyah sangat empuk. Untuk bumbunya sama seperti sate-sate biasa yaitu bumbu kacang yang diraciknya bersama sang istri.

sate sugihwaras 2

Suwarti istri pak Wisnu mengatakan saya setia menemani pak wisnu berjualan mulai dari Nol belum punya apa-apa sampai berhasil seperti sekarang. Hasil dari berjualan sate ini dapat menyekolahkan anak hingga menggapai sarjana S1 di Kediri.

sate sugihwaras 3

Saat ditemui di Warung satenya Jumat (06/5) Bapak dua anak ini menjelaskan sate ditempat saya harganya murah Cuma Rp. 25.000,-/porsi dan gule kambingnya Rp. 20.000,- /mangkok. Sehari warung sate saya menghabiskan 1 ekor kambing dan apabila sedang ramai ada pesanan pula bisa menghabiskan 2 kabing sehari. Kadang-kadang saya dan istri sampai kualahan melayani banyaknya pelanggan yang datang kesini.

Pelangganya dari berbagai daerah, karena lokasinya juga sangat strategis terletak di dekat wisata gunung Kelud. setelah menikmati indahnya gunung Kelud banyak sekali wisatawan yang mampir makan sate ditempat saya. Jika dari loket wisata gunung kelud kebarat ± 2 Km dan jika dari kantor kecamatan Ngancar ketimur mencapai ±5 Km. Bukanya setiap hari mulai jam 10 sampai habis. Terang Wisnu

Salah satu pelanggannya adalah Fajar dari Semen Kabupaten Kediri dan Agus dari Talun Blitar. Agus mengatakan awalnya itu saya sangat tidak suka dengan makanan yang namannya sate, baru merasakan kelezatan sate milik pak Wisnu baru tahu rasanya ketagihan dan setiap ada tugas kantor di desa sugih waras saya merasa rugi kalau tidak mampir ke warung sate pak wisnu ini. ungkap Agus.

sate sugihwaras 4

Yang membuat saya ketagihan itu adalah testur dagingnya sangat lembut berbeda dengan sate yang lainnya. Potongan dagingnya juga berbeda dengan warung sate lainya, yang ini agak besar pas bagi anak muda kayak saya yang makannya banyak, tambahnya sambil tertawa.

Pak Wisnu menambahkan setiap ada even besar seperti Bursa Buah Lokal Kabupaten Kediri 7-8 Mei 2016 di wisata Gunung Kelud itu merupakan berkah bagi kami sekeluarga karena pengunjung pasti akan banyak dan mampir merasakan sate saya. Jangan lupa besuk setelah menikmati segarnya buah lokal juga merasakan kelezatan sate pojok ditempat saya. Jika menginginkan untuk acara hajatan atau pesta dapat memesan sate dan kambing guling dengan datang langsung ketempat Sate Pojok desa Sugihwaras dan juga dapat menghubungi nomor hp pak Wisnu Murti 085257391134. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh