Senin, 18 Desember 2017

Limbah Cengkih Menjadi Berkah Warga Desa Medowo

Desa Medowo Kecamatan Kandangan memiliki banyak sekali potensi yang patut dibanggakan. Dengan luas wilayah 997 Ha terdiri dari perbukitan dengan pemandangan yang sangat indah ditambah lagi udaranya sejuk berpengaruh langsung pada kehidupan masyarakat di Desa tersebut.

Cengkeh 1Sebagian besar masyarakat desa ini bermata pencaharian pada sektor pertanian dan perkebunan. Tanaman yang menjadi unggulan adalah buah durian, manggis, kopi dan cengkeh selain pada bidang perkebunan juga merupakan sentra peternakan Sapi Perah yang menghasilkan susu hingga 10.430 Liter/hari.

Pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan oleh masyarakat Desa Medowo sudah sangat bagus, itu terbukti dari adaya pemanfaatan beberapa limbah pertanian (pakan ternak), perkebunan (minyak cengkeh) dan peternakan (kompos dan biogas) menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Salah satu contoh dari pemanfaatan limbah ini adalah pemanfaatan limbah tanaman cengkeh yaitu mulai dari limbah daun dan tangkai buah yang berwarna hijau oleh warga Desa Mediwo ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan minyak cengkeh sebagai bahan baku minyak atsiri

Melihat peluang usaha yang menjajikan dan tidak memerlukan modal besar hanya bermodalkan Cengkeh 2kerja keras dan keuletan mampu dimanfaatkan secara optimal oleh bapak Imam Bukit (47). Daun-daun cengkeh yang berguguran dikumpulkan dan dibawa pulang kerumah untuk diolah menjadi minyak cengkeh.

Usaha yang dilakoni Imam Bukit sejak tahun 2010 hingga sekarang ini sudah berkembang dan mampu mempekerjakan warga sekitar. Warga sekitar yang mencari daun cengkeh berguguran disetorkan ke tempat usaha Imam Bukit dengan dihargai perkilo daun cengkeh dengan Rp. 2.500,-.

Daun cengkeh yang sudah kering di tempat ini di masak menggunakan dandang besar (ketel), kemudian direbus untuk diambil uapnya. Uap yang sudah bercampur dengan minyak cengkeh dialirkan melalui pipa-pipa kecil dan selanjutnya dimasukkan kedalam air agar cepat dingin. Jika uap yang bercampur dengan minyak tersebut dingin akan berpisah sendiri. Minyak cengkeh akan berada dibawah dan uapnya ikut mengalir bersama dengan air.jelas Imam, Jumat ( 29/1 )

Cengkeh 3Area pengiriman minyak cengkeh ini tidak terlalu jauh yaitu di dusun tetangga yaitu Dusun Ganten Desa Wonosalam Kabupaten Jombang yang berada disebelah utara Desa Medowo. Selanjutnya minyak cengkeh olahan warga ini kemudian dikirim ke Jakarta untuk diolah kembali.

Harga jual minyak cengkeh olahan warga Desa Medowo 130/Kg dan dalam sehari dari memasak 1 ton daun cengkeh, minyak yang dihasilkan bisa mencapai 22 Kg. tambah Imam.

Perlu kita ketahui bahwa manfaat dari minyak cengkeh sangat banyak sekali khususnya dalam mengobati berbagai macam gangguan kesehatan seperti sakit gigi, gangguan pencernaan, batuk, asma, sakit kepala, stres dan darah kotor. Paling penting dan umum dari penggunaan minyak cengkeh adalah sebagai bahan perawatan gigi. Beberapa pasta gigi, pencuci mulut, atau obat perawatan mulut lainnya mengandung minyak cengkeh sebagai bahan utama. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh