Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bukit Onga’an, Wisata Alam Yang Tersembunyi Di Besowo Kepung Kediri

Kabupaten Kediri memiliki segudang tempat wisata, yang cocok untuk liburan bersama saudara, rekan dan juga kekasih. Terdapat lokasi wisata alam unggulan seperti pegunungan, air terjun, hutan, sumber air dan juga sungai terpanjang yang ada di Jawa Timur.

ongakan1

Salah satu wisata alam yang ‘tersembunyi’ di Kabupaten Kediri adalah Onga’an. Lokasinya berada di Desa Besowo Kecamatan Kepung. Atau lebih tepatnya di lereng Gunung Kelud yang tak jauh dari Puncak Kelud.

Pada hari Sabtu (19/12) sebanyak 22 orang yang terdiri dari Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Bagian Humas dan Protokol serta Camat Kepung dan Kepala Desa Besowo, melakukan perjalanan ke Onga’an dengan mengendarai 12 unit Sepeda Motor Trail.

Rombongan berangkat dari kantor Dinas Kominfo Kabupaten Kediri mulai pukul 05.00 WIB dengan membawa 3 unit mobil menuju Kantor Kecamatan Kepung. Pukul 06.00 WIB rombongan tiba di pendopo Kecamatan Kepung dan selanjutnya meneruskan perjalanan menuju Balai Desa Besowo.

ongakan2

Sepanjang perjalanan menuju Onga’an, rombongan disuguhi dengan nuansa alam yang masih sangat kentara kealamiannya. Pohon-pohon besar yang rindang, semak belukar dan juga suara burung di alam bebas menambah keasrian Desa Besowo.

Untuk menuju Onga’an, dapat ditempuh 2 jalur yang berbeda, dengan start dari Balai Desa Besowo. Yang pertama Jalur Puso (barat) ada jalur letter S dan menanjak dengan jarak sekitar 7.0 KM. Jalur yang kedua adalah jalur Dusun Sidodadi (timur) jarak sekitar 7.4 KM namun tidak begitu menanjak. Keduanya akan bertemu di Simpang 3 (Tiga) Sidodadi.

Selepas 7,4 KM dari Balai Desa Besowo, rombongan sampai di spot view bukit kura-kura dan pohon gua cinta. Bukit Kura-kura dan Pohon Cinta ini terbentuk secara alami setelah letusan Gunung Kelud pada tanggal 13 Pebruari 2014 silam. Hal ini dikarenakan pepohonan yang menutupi bukit ini terbakar pada saat Kelud meletus sehingga membentuk Bukit Kura-Kura..

ongakan3Menariknya lagi, Bukit Kura-kura ini pas menghadap Gunung Kelud, yang konon cerita dari masyarakat sekitar, bukit kura-kura adalah pusat dari habitat para kera yang merupakan penghuni bukit tersebut.

Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan. Sekitar 200 meter dari Spot view Bukit Kura-Kura dan Pohon Gua Cinta, rombongan tiba di Rest Area Onga’an. Waktu yang ditempuh dari Balai Desa sampai Rest Area Onga'an ini diperlukan waktu selama 25 menit dengan menggunakan sepeda motor jenis Trail. Di tempat ini terdapat warung sederhana yang menyediakan kopi murni dan juga jajan khas Desa Besowo.

Setelah beristirahat sejenak, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke Titik Nol Onga’an. Untuk sampai pada titik nol Onga’an pengunjung harus menempuhnya dengan jalan kaki sekitar 300 meter dengan kemiringan tanjakan sekitar 75 derajat.

Sesampainya di Titik Nol Onga’an, rombongan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Spot pemandangan yang dapat dilihat dari sini adalah Gunung Kawi, Gunung Arjuna, Gunung Anjasmara Puncak Gunung Kelud dan Puncak Gajah Mungkur.

ongakan4Yang paling dekat adalah puncak Gunung Kelud yang berjarak hanya sekitar 600 meter. Selain itu terlihat juga Air di Waduk Selorejo di sebelah Timur laut dan juga Waduk Siman di sebelah Utara.

Titik nol Onga’an ini memiliki ketinggian 860 meter diatas permukaan laut (dpl), dengan ditandai adanya Pohon Persah setinggi 10 meter dengan diameter sekitar 50 cm. Yang luar biasa pohon ini merupakan satu-satunya pohon yang bertahan hidup di Onga’an pada saat Erupsi Kelud pada tanggal 13 Pebruari 2014 yang lalu.

Kepala Desa Besowo Sumariono mengatakan bahwa kedepannya tempat Wisata Onga'an tidak saja menjadi destinasi wisata baru yang akan dapat meningkatkatkan perekonomian warga sekitar. “Selain Onga’an, di Dusun Sidodadi terdapat tempat pembuatan Pupuk Organik dan Perkebunan Durian, Sayur Brambang, Kacang Tanah dan juga Madu Murni dari hutan. Nantinya akan dikembangkan menjadi Desa Wisata Organik.” Tutur Sumariono.

Berdasarkan pengamatan dan pencatatan rombongan, jalur yang ditempuh dari Balai Desa Besowo menuju lokasi Wisata Onga'an adalah melewati sembilan lekukkan, dengan jarak 7,7 Kilometer sampai pada Titik Nol Onga'an. (Kominfo)

Comments   

 
0 #3 www.facecool.com 2017-04-29 16:45
Wһats up are using Ꮤordpresѕ for your blo platform?

I'm new to the blog woгld butt I'm trying to
get started annd ѕet up my own. Do you need any htmⅼ coding knoqledge to makе yоur own blog?
Any help would be greatly appreciated!
Quote
 
 
0 #2 www.facecool.com 2017-04-17 05:30
I lovе what you guyѕ tehd to be ᥙp too.
This tyрe of clever wodk and reporting! Keep up the awesome
works guys I've incorporɑteԀ you guys to blogroll.
Quote
 
 
0 #1 Brazil fifa 2014 2017-04-15 04:33
Еxcellent pieces. Keep writing suh kind of infoгfmation on your blog.
Im really impгessed by youг site.
Hello there, You've performed a great job.
I wilⅼ dеfinitely digg it annd individᥙally suggest to my friends.
I am sure they'lⅼ be benefiteԁ from thіs site.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh