Senin, 20 Nopember 2017

Bea Cukai Kediri Menyelenggarakan Sosialisasi Tarif Cukai Hasil Tembakau Tahun 2016

Kementrian Keuangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Cukai Kediri menyelenggarakan Sosialisasi Tarif Cukai Hasil Tembakau kepada para pelaku industri rokok. Kegiatan ini bertempat di Aula Lantai III KPPBC Tipe Madya Cukai Kediri, Rabu (25/11).

beacukai1

Kepala KPPBC TMC Kediri, Turanto Sih Wardoyo, mengatakan kegiatan ini merupakan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 198/PMK.010/2015 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 179/PMK.011/2012 Tentang Tarif Cukai Tembakau.

“Ini adalah bentuk tanggung jawab kami untuk menyampaikan setiap peraturan yang terbit terkait cukai tembakau kepada pelaku usaha rokok. Khususnya Peraturan Menteri Tahun 2015 terkait batasan Harga Jual Eceran (HJE) dan Tarif Cukai Tembakau untuk Tahun 2016 mendatang.” Jelas Turanto.

beacukai2Turanto melanjutkan, sosialisasi ini menjadi penting dikarenakan akan mempengaruhi keuangan dan rencana serta strategi perusahaan rokok. Rata –rata kenaikan jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) adalah 13,45 persen, Sigaret Kretek Tangan (SKT) sebesar 8,38 persen , dan Sigaret Putih Mesin (SPM) yakni 15,11 persen.

“Namun memang tidak semuanya naik, ada juga yang tetap. Misalnya untuk untuk (SKT) golongan III B, yaitu rokok yang masuk batasan HJE paling rendah yakni Rp. 370,- tarif cukainya tidak naik masih Rp. 80,- per batang.” Kata Turanto.

beacukai3Lebih lanjut Turanto memaparkan alasan golongan III B tidak mengalami kenaikan tarif adalah berdasarkan hasil Survey Tenaga Kerja Tahun 2014, pabrik golongan III memiliki kontribusi terbesar dalam penyerapan tenaga kerja yaitu sebesar 43,71 persen atau 139.000 karyawan.

“Diharapkan dengan tidak adanya kenaikan tarif cukai untuk golongan pabrik III B dan non golongan pemerintah tidak menambah beban industri yang sudah tertekan pelemahan ekonomi global dan kenaikan UMK serta pajak rokok.” Tandas Turanto. (Kominfo).

Add comment


Security code
Refresh