Jumat, 21 Juli 2017

Marning Jagung, Ora Nyono Malah Jadi Pintu Rejeki

marning tarokan1

Siapa yang tak kenal marning jagung? Cemilan renyah dan gurih berbahan dasar jagung yang digoreng ini tetap eksis hingga sekarang. Ditangan Mujiono, marning jagung tidak kalah kelas dan tetap menjadi cemilan nikmat, murah dan membawa berkah.

Usaha marning jagung milik Mujiono ini dilabeli merk ‘Rasa Baru’, dan berdiri sejak tahun 2002 silam. Lokasi usaha bertempat di Dusun Kedungsari Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan. Selain marning, beragam olahan yang ia ciptakan diantaranya kripik dan jipang.

marning tarokan2

“Sekarang fokus ke marning dulu mas. Utamanya marning jagung pipih. Karena permintaan pasarnya paling banyak. Paling laris juga.” Tutur Mujiono.

Sebelum Mujiono memulai usaha marning, dirinya adalah seorang petani jagung. Namun karena harga yang dibawah biaya pemeliharaan alias rugi, membuatnya berputar otak agar tetap memperoleh penghasilan untuk menghidupi keluarga.

marning tarokan3“Ternyata dibalik musibah ada berkah. Ora Nyono malah jadi pintu rejeki.” Kenang Mujiono.

Kini usaha keluarga ini diteruskan oleh putrinya yaitu Siti Fatimah. Dibantu 13 karyawan, setiap harinya usaha yang sudah terdaftar dalam Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) Kabupaten Kediri ini membutuhkan jagung sebanyak dua kuintal per hari.

“Semua jagung saya dapatkan dari wilayah Tarokan dan sekitarnya. Kebetulan disini juga merupakan sentra komoditas pertanian jagung. Jadi stoknya melimpah, harga terjangkau dan berkualitas.” kata Siti Fatimah yang mendampingi Mujiono ketika Tim Kominfo menemui di rumahnya, Selasa (27/10).

marning tarokan4Siti Fatimah menjual marning jagung dengan harga grosir. Pemasarannya selain Kediri juga menjangkau Nganjuk dan sekitarnya. “Dikemas mulai untuk harga Rp 350,- hingga Rp 4.000,- biasanya diambil bakul kesini jadi pemasaran gak repot.” Tambah Siti yang pernah mendapat bantuan peralatan produksi usaha dari Dinas Koperindag Kabupaten Kediri ini.

Bagi anda yang berminat dengan marning jagung dari Mujiono dapat datang langsung ke Dusun Kedungsari, Desa Kedungsari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Atau menghubungi Siti Fatimah di 085336819046. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM