Sabtu, 22 Juli 2017

Kuliner Luuezaaat Kediri Tiada Duanya, Sop Ayam Segar Pare

sop pare1Anda belum merasakan kesegaran dan kebugaran tubuh jika belum mencoba Kuliner Kuno Asli Kediri. Yakni Sop Ayam Segar dan Sop Ayam Merah yang sudah sangat terkenal di Warung Sop Ayam “Waris” Jalan Puncak Jaya 1 Pare Kabupaten Kediri.

Kuliner ini merupakan masakan kuno Asli Kediri, berupa masakan sop ayam kampung dengan resep masakan rahasia keluarga yang sudah turun temurun. Usaha kuliner Sop Ayam “Waris” sudah berdiri sejak tahun 60 an yang dirintis oleh Mbah Waris yang saat itu berjualan dengan cara keliling memakai pikulan. Kuliner ini sekarang sudah tidak keliling lagi dan sudah menetap di Jalan Puncak Jaya Pare serta tidak membuka cabang dimanapun.

Menu sehari-hari yang disediakan Sop Ayam “Waris” terdiri dari berbagai macam sop traditional mulai dari Sop Putih, Sop Segar, Sop Merah Goreng, Mie Kuah, Nasi Goreng, Nasi Mawut dan Bumbu Rujak. “Masakan andalan disini adalah Sop Segar dan Sop Merah.” Tutur Wulan (25 th) cicit Mbah Waris kepada Tim Kominfo Senin (26/10).

Kuliner Jadul (jaman dulu) ini sudah diwariskan kepada generasi ketiga yaitu cicit dari Mbah Waris yang saat ini sudah almarhum. “Seluruh masakan bersifat alami dan menggunakan resep rahasia keluarga dengan menggunakan bumbu-bumbu asli buatan sendiri tanpa penyedap rasa pabrikan. Selain itu cara memasaknya juga memakai peralatan memasak traditional, seperti tungku api dengan arangnya, kipas bambu dan pikulan.” Jelas Wulan.

sop pare2

Dalam sehari Sop Ayam “Waris” bisa menghabiskan ayam kampung sebanyak 10 ekor. Satu ayam kampung bisa dibuatkan masakan sekitar 20 porsi. Warung sehari-hari dibuka mulai pukul 6 pagi dan tutup sekitar pukul 9 malam. “Setiap hari saya berjualan bergantian dengan ibu.” Ujar Wulan.

Harga menu berbagai makanan yang tersedia disini cukup terjangkau yaitu Sop Putih 9 ribu, Sop Segar 10 ribu, Sop masak plus nasi 11 ribu, Sop Merah Goreng 11 ribu, Nasi Goreng 10 ribu, Nasi Mawut 11 ribu, Mie Kuah 11 ribu dan Ayam Bumbu Rujak 16 ribu.

sop pare3Pelanggan yang menikmati Sop Ayam “Waris” tidak hanya warga Kediri saja, namun juga berasal dari luar kota seperti Surabaya, Malang, Jombang dan kota lain. “Mereka pasti mampir kesini jika beperpegian ke Kediri atau saat melewati Kota Pare ini.” Terang Wulan.

Mbah Pardi (74) salah satu pengunjung yang datang pada saat itu mengatakan, “saya sudah menjadi pelanggan Sop ‘Waris’ sejak sekitar tahun 70-an, anak-anak dan cucu saya nggak mau makan sop jika tidak dari masakan warung ini, rasanya khas dan lezaat beda dengan sop masakan lainnya.” Ujar Mbah Pardi. (Kominfo)

Comments   

 
0 #2 Subianto 2016-09-29 18:13
Ayo gan lanjut masaknya, trus kumpulin buat buku.
aq ijin ambil artikelnya yaaa gan trims
Quote
 
 
0 #1 Ayam Bangkok 2016-01-27 12:12
kayaknya seger bener sopnya. kapan-kapan saya mau coba deh.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh