Rabu, 29 Maret 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Komposisi Bahan dan Ketepatan Waktu, Rahasia Kesuksesan R & R Makmur Bakery

Kue merupakan salah satu makanan yang identik dengan kelembutan. Rasa yang manis dan bentuk yang bervariasi menjadi salah satu daya tarik sebuah kue. Dalam proses pembuatannya, komposisi bahan baku dan juga ketepatan waktu (saat berada di oven) menjadi penentu dalam hasil akhir pembuatan kue.

r dan r 1

Kedua hal tersebut yang selalu dijaga oleh pasangan suami istri Zaenal Arifin dan Iin, yang memiliki usaha produksi kue basah dan kue kering. Pasangan tersebut merintis usaha kue ini mulai dari nol.

“Usaha kue saya ini sudah berjalan sekitar 8 tahun. Awalnya saya belajar membuat adonan kue dari tabloid jajanan dan juga majalah. Untuk memperdalam wawasan, saya ikut kursus pembuatan kue yang diadakan oleh salah satu perusahaan tepung. Kemudian atas inisiatif sendiri, saya ingin bekerja secara profesional dengan praktek langsung mulai dari awal.” Ungkap Iin kepada Tim Kominfo yang berkunjung, Jum’at (16/10).

Pernyataan Iin tersebut diamini oleh sang suami Zaenal Arifin. Dengan berlatar belakang profesi yang jauh dari kata memasak, Zaenal mendukung penuh ide dari sang istri, yang ingin berwirausaha.

r dan r 2

“Sebelumnya saya berprofesi sebagai sopir mulai tahun 2000 di Bali sampai tahun 2006. Kemudian saya pindah ke Kabupaten Kediri dan mulai belajar dan membuka usaha kue. Semula kami hanya menggunakan oven kecil dengan pemanas kompor, pembuatan kue kami kerjakan berdua saja” kenang Zaenal.

Selanjutnya setelah mengikuti kursus tersebut usaha Iin berkembang pesat. Semula pemasaran hanya di sekitar lokasi usaha, setelah itu berkembang sampai ke kuar kota seperti, Lodoyo Blitar, Campurdarat Tulungagung, Nganjuk, Ploso Jombang bahkan sampai Surabaya.

Usaha kue kering dan kue basah milik Zaenal dan Iin diberi nama R & R Makmur Bakery, yang beralamatkan di RT.01/RW.01 Desa Panjer Kecamatan Plosoklaten. Dalam pengembangan usahanya, Iin pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri tahun 2012 berupa oven, mixer dan uang pembianaan yang disalurkan melalui Dinas Koperindag.

r dan r 3

Sebagian alat perlengkapan dalam pembuatan dan pencetakan roti juga dibuat dan dimodifikasi sendiri oleh Zaenal. Mulai dari Mixer, Steamer, Loyang dan oven. Saat ini R & R Makmur Bakery kian berkembang, dengan karyawan sejumlah 25 orang.

Macam-macam produksi kue kering yang dihasilkan R & R Makmur Bakery adalah Caramel, Cake, Roti Gulung, Spiku, Tart Mini, Aneka Bolu, Pastel Kering, Bikang dan Pastry. Sedangkan kue basah yang dihasilkan mulai dari berbagai macam adonan seperti donat.

“Dalam pembuatan kue, kami menggunakan bahan dasar yang bermutu. Dan juga ketepatan waktu saat adonan berada di oven, karena jika waktunya kurang atau bahkan lebih akan mempengaruhi rasa dan tekstur kue.” Jelas Iin.

“Khusus untuk Caramel, menjadi olahan kami yang paling favorit dan paling sering dipesan oleh para konsumen. Selain karena rasanya yang lebih manis dari olahan lain, juga karena kelezatannya.” Tambah Iin.

r dan r 4

Dengan banyaknya pesanan, dalam satu hari Iin dapat menghabiskan 4 kwintal telor, 2 kwintal tepung, dan 2 kwintal gula pasir. R & R Makmur Bakery melayani berbagai acara mulai hajatan pernikahan, khitanan, hajatan ulang tahun dan rapat-rapat maupun acara pesta lainnya.

Namun pada saat bulan jawa khususnya bulan Selo dan Suro, jumlah pemesan sedikit menurun. Sedangkan pada bulan Besar, Ruwah dan Syawal, jumlah pemesan kue akan melonjak dan produksinya akan naik tajam karena banyak warga yang hajatan.

Arum (29) wanita asal Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten salah satu pembeli yang saat itu berkunjung ke tempat pembuatan roti Ibu Iin mengatakan bahwa dirinya senang membeli aneka kue di R & R Makmur Bakery karena pelayanannya cepat, murah dan lokasinya dekat rumah.

“Selain itu setiap saya memesan aneka kue, disini pasti tersedia meskipun saya memesannya mendadak. Misalnya saja saat ini, saya memesan kue untuk acara selamatan (pengajian) yang akan saya adakan nanti malam.” Ujar Arum.

r dan r 5

Memang, usaha penjualan kue milik pasangan ini dibuka mulai pukul 6 pagi sampai pukul 9 malam. Tetapi jika sewaktu-waktu ada perlu, bisa mengetuk pintu rumah dan pasti akan segera dilayani.

Pemasaran R & R Makmur Bakery dilakukan dan didistribusikan sendiri oleh Zaenal bersama dengan 2 orang sopir. Dari hasil usaha ini Zaenal sudah bisa membeli tiga mobil untuk armada pengangkutan dan pengiriman kue serta beberapa petak sawah.

Jika anda membutuhkan aneka macam kue untuk kebutuhan hidangan pesta pernikahan, khitanan, rapat-rapat maupun keperluan konsumsi lainnya, anda dapat berkunjung langsung ke R & R Makmur Bakery. Yang beralamatkan di RT.01/RW.01 Desa Panjer Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, atau dapat menghubungi melalui contact person Bapak Zaenal di 085856504973 atau 085736766121. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM