Jumat, 22 September 2017

Standardisasi Produk UMKM Kelud Mandiri Tingkatkan Daya Saing di Pasar Bebas MEA

Paguyuban UMKM Kelud Mandiri Kabupaten Kediri menggelar Workshop UMKM. Tema yang diambil dalam Workshop tersebut adalah “Peran Standardisasi Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Pasar Bebas MEA 2015.”

Workshop tersebut digelar pada hari Selasa tanggal 13 Oktober 2015, di Gedung Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Kediri. Para peserta yang hadir berasal dari pelaku UMKM yang tergabung dalam Paguyuban UMKM Kelud Mandiri di Kabupaten Kediri.

pelatihan SNI 1

Acara Workshop UMKM tersebut dibuka oleh Ketua Umum Kadin Kabupaten Kediri H.Rahmadi Yogiantoro, ST. Dalam sambutannya Yogiantoro menjelaskan bahwa saat ini setiap usaha kecil, menengah maupun usaha berskala besar harus memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia).

“Dalam Workshop ini, merupakan langkah awal dalam upaya menembus pasar Global dan menambah wawasan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kediri mengenai pentingnya memiliki SNI.” Ujar Yogiantoro.

Pernyataan Yogiantoro tersebut juga didukung oleh salah satu narasumber Workshop, yakni Dra. Sofie Kusminarsih, MM., CPHR. “Gerakan Nasional Penerapan SNI (GENAP) ini merupakan sebuah tanda, bahwa para pelaku usaha yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Kediri harus segera memperoleh SNI.”

pelatihan SNI 2

Hal tersebut dikarenakan, setiap Negara yang ada di dunia ini pasti memiliki standar masing-masing dalam produk yang dihasilkan. Terutama untuk produk-produk yang akan di ekspor maupun di impor.

“Standar yang dimiliki Indonesia yakni SNI sudah diterima dan diakui oleh negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Sehingga produk yang sudah berlabel SNI bisa di ekspor dan diterima oleh Negara ASEAN.” Ungkap Sofie.

“Tetapi untuk negara diluar ASEAN, misalnya Jepang, China, Jerman, Amerika dan lainnya memiliki standar yang lebih tinggi dari standar negara ASEAN. Sehingga setiap produk yang akan masuk ke negara-negara tersebut harus menyesuaikan kualitasnya dengan standar di negara itu.” Tandasnya.

Dalam memperoleh label SNI memang tidaklah mudah. Akan tetapi jika para pelaku usaha sudah memperoleh SNI, pemasaran produk-produknya bisa mencapai luar negeri. Sehingga usaha yang dimiliki kian berkembang dan meningkatkan kesejahteraan para usahawan. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM