Kamis, 17 Agustus 2017

UMKM “ Zeinsa “ Hadirkan nikmatnya Crispy Lombok

Camilan atau makanan ringan kian digemari oleh semua kalangan masyarakat. Karenanya UMKM yang bergerak dibidang makanan ringan juga kian banyak. Bermacam-macam inovasi dan kreatifitas makanan ringan semakin beragam, termasuk salah satunya yang saat ini sedang dikembangkan oleh Kholisatun Naimah.

Zeinsa 1

Usaha makanan ringan milik Kholisatun ini diberi nama Zeinsa berdiri sejak tahun 2000. Zeinsa sendiri berasal dari nama kedua anak kandung dari Kholisatun, yakni Ahmad Zein Atmojo dan Sandi Atmojo. Jelas Kholisatun Kepada Tim Kominfo di rumahnya.Sabtu ( 3/10)

“Awalnya usaha ini saya kerjakan sendiri. Setelah tiga tahun berjalan dan banyaknya permintaan, saya berdayakan ibu-ibu tetangga untuk membantu. Motivasi awal usaha produk makanan ringan rumahan ini untuk membantu ekonomi keluarga dan produk pertama yang saya hasilkan adalah olahan kacang.” Ujarnya.

Zeinsa 2Dalam mengembangkan usahanya, Kholisatun pernah mendapatkan bantuan dari PKK Kabupaten Kediri berupa mesin spinner dan pasrah kelapa. Selain itu, Kholisatun juga pernah ikut studi banding bersama BPM-P2TSP (Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Kediri untuk mengembangkan olahan produknya.

Sekarang ini usaha Zeinsa milik Kholisatun ini kian berkembang. Dalam rata-rata setiap bulan, Kholisatun mampu meraup omzet 60 juta. Kholisatun memiliki 14 orang karyawan, dan produk-produknya menjadi produk unggulan Kecamatan Tarokan. Produknya bermacam-macam, yakni Kembang Gula, Mamas Pedas, Keripik Jamur Crispy, Crispy Lombok, Telo Pedas Manis, Sale Pisang dan Nggaringan (ikan air tawar yg digoreng crispy).

Dalam membuat produk makanan, Kholisatun selalu berorientasi kepada bahan baku lokal yang ada di sekitar daerahnya dan harus berbeda dengan produk olahan makanan yang lain. Sehingga mudah diingat di benak pelanggan dan juga para pelanggan tetap membeli produk-produk Zeinsa karena ciri khas.

Zeinsa 3“Saya itu suka nyeleneh kalo memasak dan ingin selalu mencoba hal-hal yang baru. Seperti pada umumnya ibu rumah tangga selalu berpikir tentang bahan yang ada di sekitar, dan diolah secara berbeda dengan orang-orang pada umumnya.” Jelasnya Kholisatun.

Seperti pada olahan Crispy Lombok, Kholisatun memilih lombok karena pertama mudah didapat di sekitar Tarokan. Awalnya Kholisatun mengikuti Studi Banding di Batu, mengenai membuat nilai tambah pada produk unggulan lokal. Disana diajari pengolahan keripik buah.

“Saya berpikir potensi apa yang asli dan belum ada yang bikin usaha sehingga bisa dijadikan produk unggulan Kabupaten Kediri dan bisa menjadi nilai tambah. Lalu munculah cabai. Kemudian saya pilih olahan cabai yang diambil kulitnya saja yang diramu dengan bumbu-bumbu khusus lalu di goreng kering hingga menjadi crispy Lombok yang sangat nikmat rasanya.

Karena harga Lombok kurang stabil, (harganya murah ketika panen raya dan mahal ketika kekurangan pasokan dipasar). Usaha ini sekaligus sebagai upaya membatu para petani cabai dalam menstabilkan harga saat panen raya cabai tiba. Terang ibu dua anak ini.

Zeinsa 4Sekarang Crispy Lombok menjadi produk andalan penjualan Zeinsa. Banyak disukai dan permintaan nambah terus. “Dulunya yang disukai Kembang Gula lalu bergeser ke Jamur Crispy. Sekarang yang lagi trend dan paling dicari adalah Crispy Lombok.” Ungkap Kholisatun sembari menambahakan dalam satu hari menghabiskan 20 kg Lombok merah besar.

Dalam setiap olahan makanan ringan miliknya, Kholisatun selalu menjaga mutu, kualitas dan kesehatan dengan tidak menggunakan bahan pengawet dan vetsin. Juga selalu menggoreng dengan minyak kemasan yang bermutu baik “Karena saya sendiri sejak dulu gak pernah masak dengan memakai vetsin. Apalagi untuk diberikan pada orang lain. sehingga Saya harus memberikan yang terbaik untuk para konsumen.” Tambahnya.

Jika anda tertarik untuk membeli berbagai macam olahan makanan ringan Zeinsa, anda bisa datang langsung di Dusun Kemiri, Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan juga bisa anda dapat di Pusat oleh oleh khas kabupaten Kediri . Atau anda bisa menghubungi ibu Kholisatun Naimah di nomor (0354)779874 dan 085731230718. ( Kominfo )

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM