Senin, 20 Nopember 2017

Membuka Wahana Akses Pemasaran Pelaku UMKM

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan menyelenggarakan Pameran Keliling UMKM tahun 2015 di Lapangan Sembak Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Jumat (18/9) s/d Minggu (20/9). Acara ini diikuti oleh 60 stan UMKM binaan Dinas Koperindag dan sekitar Korcam Grogol.

Pamkel  Grogol 1

Acara ini dibuka oleh Penjabat (PJ) Bupati Kediri, Dr. Idrus, MSi. Jumat (18/9). Disamping pameran produk UMKM untuk menarik minat pengunjung panitia melengkapi dengan panggung hiburan rakyat, pesta kembang api, pentas band pelajar dan pasar malam.

Penjabat (PJ) Bupati Kediri, Drs. Idrus MSi. dalam sambutannya menyampaikan UMKM memiliki peran signifikan dalam perkembangan ekonomi. Terlebih UMKM dapat menyerap tenaga kerja dan memberi nilai tambah dan differensiasi akan produk asli khas Kediri.

Pamkel  Grogol 2

“Seperti pengembangan buah mangga podang dan jagung merupakan produk asli khas Kabupaten Kediri yang dapat diolah menjadi sirup, selai, dodol, jus dll, tentunya hasil Bumi Panji Kediri sangat bagus tidak hanya di jual mentah saja tapi diolah dengan tangan tangan terampil sehingga punya nilai tambah. Artinya bisa menyerap lapangan kerja dan menjadikan identitas produk khas Kabupaten Kediri semakin kuat.” Jelas Idrus.

Idrus kembali menambahkan, pelaku UMKM Kabupaten Kediri harus senantiasa terus belajar dan tidak berpuas diri. Dikarenakan tantangan ke depan lebih berat. Terlebih tahun depan sudah memasuki perdagangan bebas sesama anggota negara ASEAN (MEA).

“Secara produk sudah bagus karena sangat khas. Artinya hanya bisa didapat di Kediri, Ini namanya identitas. Kita kaya bahan baku sehingga murah dan dapat menekan ongkos produksi. Ini semakin bagus karena membuat sulit untuk disaingi.” Papar Idrus.

Pamkel Grogol 3

“Namun begitu harus terus introspeksi dan belajar. Sehingga produk akan semakin meningkat kualitasnya. Tentu kita beharap adanya MEA justru menjadi wahana UMKM kabupaten Kediri mampu bersaing ke pasar Internasional. Kita tentu ingin melihat produk UMKM kita dijual di Thailand, Malaysia dan Singapura.” Terang Idrus.

“Oleh karena itu kita perbaiki lagi kemasan produk kita sesuai dengan standar kesehatan, dan cara pemasarannya. Pemerintah Kabupaten Kediri mendukung penuh para pelaku UMKM. Melalui fasilitasi untuk mendapat standarisasi produk seperti ijin dari Departemen Kesehatan, pengurusan perijinan usaha, pendaftaran merk dagang dll.” Jelas Idrus.

Kepala Dinas Koperindag, Joko Suskiono, SH, MM. menerangkan acara ini bertujuan untuk mengenalkan produk unggulan UMKM di Kabupaten Kediri dan membuka akses pasar agar lebih dikenal masyarakat. Selain itu, juga untuk menjadi media mendorong pertumbuhan kegiatan ekonomi di sekitar Kecamatan Grogol.

Pamkel Grogol 4

“Harapannya masyarakat bisa melihat dari dekat produk unggulan Kabupaten Kediri. Pameran ini menjadi wahana membuka akses pemasaran yang sukses bagi pelaku UMKM. Seperti pada Pekan Budaya dan Pariwisata kemarin 80 stan UMKM bisa meraup omset hingga 992 juta rupiah. Harapannya, ini akan mendorong roda ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Jelas Joko. ( Kominfo )

Add comment


Security code
Refresh