Rabu, 24 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Jajanan Tradisional Kue Lebaran Madumongso “ Ibuku “

Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1436 H, berbagai jajanan khas Lebaran telah mulai ramai diproduksi. Salah satu jajanan tradisional khas Lebaran adalah Madumongso. Madumongso adalah makanan ringan yang terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya.

Madu Mongso 1Salah satu pengolah dan penjual Madumongso di Kabupaten Kediri adalah Rini Astuti. Wanita yang berasal dari Dusun Padangan Desa Padangan Kecamatan Kayen Kidul ini mengaku, usaha madumongso miliknya ini telah dirintisnya sejak tahun 2005.

“Awalnya saya mendapat resep dari keluarga saya. Lalu saya mencoba membuat Madumongso untuk keluarga saya saat Lebaran. Dan Alhamdulillah keluarga saya banyak yang suka. Mulai dari situ saya mengembangkan Madumongso buatan saya ke teman dan memasarkannya.” Ungkap Rini Astuti kepada tim Kominfo. Jumat (10/7)

Usaha Madumongso milik Rini Astuti ini diberi nama Griya Manis, dengan merk “Ibuku”. Saat ini Rini Astuti memiliki 7 orang karyawan. “Dari 7 orang karyawan tersebut, 2 diantaranya saya beri tugas khusus untuk mengaduk Madumongso yang sedang dimasak. Karena proses pengadukan ini memakan waktu yang lama yakni mulai jam 7 pagi sampai jam 3 sore, atau sekitar 8 jam. Kemudian didiamkan dan dikemas keesokan harinya. Pengadukan Madumongso ini tidak boleh berhenti, karena jika berhenti akan mengeras.”

Madumongso2Dalam bulan Ramadhan kali ini Rini Astuti mengaku kebanjiran pesanan. Jika dalam hari-hari biasa Rini Astuti memproduksi 5 kg Madumongso, di bulan Ramadhan ini dirinya memproduksi 15 kg dalam 1 hari. “Alhamdulillah. Peningkatannya sangat terasa sekali. Ini rezeki di bulan Ramadhan.” Tambahnya.

Dalam penjualannya Madumongso “Ibuku” ini dikemas menjadi 3 jenis. Kemasan Kecil isi 8 biji, kemasan besar isi 15 biji dan kemasan 1 kg isi 65 biji. Selain memperoduksi Madumongso, usaha Griya Manis milik Rini Astuti ini juga memproduksi kripik usus, kripik daun singkong, kripik rasa paru dan kripik lele daun singkong.

Pemasaran Madumongso “Ibuku” paling banyak mencapai Denpasar Bali, Batam dan Surabaya, dengan pengiriman minimal sebanyak 10 kg. Selain itu juga hingga ke wilayah Jabotabek yakni Bekasi dan Cengkareng. Jika anda ingin memesan Madumongso “Ibuku” untuk jajanan Lebaran, anda bisa menghubungi bu Rini Astuti di nomor: 082 141 325 027. ( Kominfo )

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM