Wednesday, 21 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pengembangan Wana Wisata Sumber Podang

WanaKabupaten Kediri merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang memiliki beragam wisata, seperti wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata buatan. salah satu objek wisata alam yang perlu mendapat perhatian dan perlu dikembangkan adalah obyek wana wisata Sumber Podang.

Sumber Podang terletak di Dusun Karangnongko Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan obyek wisata lain, pengunjung bisa menikmati wisata bendungan dan air sungai jernih dengan bebatuan alami, pemandangan pegunungan indah, udara yang sejuk dan kuliner khas deso, tiwul, telo, ampok, dan madu murni serta kedepannya dikembangkan susu kambing dan susu sapi perah.

Keberhasilan memunculkan wisata alam Gunung Kelud sebagai obyek wisata alam terbaik se-Jawa Timur tahun 2011, Air Terjun Dholo tahun 2014 dan kawasan wisata Simpang Lima Gumul, Pemkab Kediri dalam waktu dekat akan menggarap kawasan wisata Sumber Podang sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui sektor pariwisata.

Minimnya fasilitas yang dimiliki Sumber Podang maka, Pemerintah Kabupaten Kediri akan melakukan pengembangan pembangunan Wana Wisata Sumber Podang melalui program Desa yang disinkronkan dengan Program Pem. Kab. Kediri yang diarahkan pada pelebaran jalan, pengaspalan jalan, sarana bermain anak, tempat ibadah, tempat istirahat, MCK, tempat parkir, penghijauan dan sarana penunjang lainnya untuk menarik dan meningkatkan kunjungan wisata.

Keseriusan Bupati Kediri dalam membangun obyek Wisata Sumber Podang ditandai dengan melakukan perencanaan dan penambahan area kawasan yang semula hanya 1 Hektar menjadi 6 Hektar melalui kerjasama dengan Perhutani . Dengan demikian potensi sumber daya alam Sumber Podang mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan pariwisata dan pembangunan ekonomi masyarakat sekitar kawasan.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Senin ( 15/9 ) mengatakan akan mendorong pengembangan wisata- wisata alam secara optimal yang berbasis pelestaraian alam seperti Sumber Podang ini, Kabupaten Kediri masih banyak lokasi wisata yang masih relatif alami atau masih perawan. Pengembangan pariwisata alam harus, melibatkan masyarakat sekitar dan tetap menghargai kearifan budaya lokal.

Terkait hal tersebut dr. Hj. Haryanti Sutrisno menekankan kepada Kepala Desa, Camat dan seluruh satker, terkait dengan wana wisata Sumber Podang ini untuk melakukan penanaman bibit tanaman buah unggul seperti durian, alpukat, manggis dan buah lainnya yang berkualitas tinggi sehingga dapat menarik banyak wisatawan baik domestik maupun manca negara. Selain itu perlu ditanam pohon- pohon konservasi minimal buahnya dapat dimakan burung burung dan jangan hanya menanam pohon sengon saja. tandas dr. Hj. Haryanti Sutrisno. ( Kominfo )

Comments are now closed for this entry