Thursday, 22 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Yuk Kelola Sampah Untuk Hidup Lebih Bersih, Sehat dan Bernilai

Pemerintah Kabupaten Kediri melaui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar acara Bersih-Bersih Kali Serinjing di Dusun Puhrejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Minggu (17/3). Kegiatan ini diikuti seluruh anggota DLH, komunitas peduli sungai serinjing, klub tubing kali serinjing, jajaran aparat kecamatan Pare dan warga setempat.

sampah 2

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Putut Agung Subekti, mengatakan kegiatan ini dipusatkan di kali Sarinjing Pare dimana kebetulan ada lokasi pembuangan sampah yang tidak benar sehingga dapat mencemari kali serinjing. Lokasi tersebut berupa penimbunan sampah liar yang tepat berada di bibir sungai serinijing.

“Setelah kegiatan bersih-bersih ini, tempat pembuangan liar ini akan ditutup. Karena membuang ke tepi sungai akan mencemari aliran air. Warga diharap membuang di tempat yang sudah ditentukan. Semoga ini menjadi awal membangun kesadaran bersama seluruh warga masyarakat untuk menjaga kebersihan Kali Serinjing,” jelasnya.

sampah 1

Ditambahkan oleh Putut, kepedulian kita terhadap lingkungan perlulah ditingkatkan. Hal ini mengingat permasalah sampah, apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menjadi masalah dikemudian hari. Selain pencemaran lingkungan juga menjadi ancaman kesehatan. Bahkan secara tidak langsung memberi citra kekumuhan, ketidakamanan dan kemiskinan.

“Secara umum, indonesia menjadi negara kedua penghasil sampah terbesar di dunia setelah china. 80 persen sampah yang dibuang ke laut berasal dari darat. 30 persennya berasal dari sampah plastik. Padahal samapah palstik bila langsung dibuang baru bisa diurai setelah 500 tahun. Sampah plastik perlu penanganan tersendiri agar tidak semakin membebani lingkungan kita,” terangnya.

“Kabupaten Kediri sendiri menghasilkan sampah sebanyak 540 ton. Dimana 18 persen diantaranya merupakan samapah plastik. Kami mendorong dalam peringatan hari peduli samapah nasional ini agar kita mengurangi penggunaan sampah plastik. Sesuai tema kegiatan kita yakni kelola sampah untuk hidup lebih bersih, sehat dan bernilai,” tambahnya.

sampah 3

Dalam pengamatan kominfo kegiatan ini diikuti oleh ratusan orang. Kegiatan kerja bhakti yang dilakukan adalah memindah sampah yang berada di lokasi pembuangan liar tersebut ke mobil angkutan DLH. Selanjutnya sampah tersebut dibawa ke TPS Sekoto, Badas.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi bersih sampah yang dilakukan seluruh peserta yang hadir. Dilanjutkan dengan pemberian bibit pohon produktif kepada warga sekitar dan pemberian tas daur ulang yang menjadi simbol pencanangan gerakan reuse(menggunakan kembali), reduce(mengurangi), dan recycle (mendaurulang). (kominfo/yda,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh