Wednesday, 22 May 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Segarkan Diri Anda di Gronjong Wariti

wariti

Sudah pernahkah Anda mendengar atau bahkan mengunjungi Gronjong Wariti? Ya, wisata air ini sedang ramai diperbincangkan di media sosial, khususnya bagi mereka warga Kabupaten Kediri dan sekitar. Berlokasi di Desa Mejono Kecamatan Plemahan, Gronjong Wariti menjadi salah satu pilihan wisata keluarga di akhir pekan.

Obyek utama dari Gronjong Wariti adalah sungai dengan airnya yang segar. Dikelilingi pepohonan yang rindang, suasana asri dan sejuknya udara sangat terasa begitu menginjakkan kaki di tempat ini. Berbagai wahana pun disediakan untuk memanjakan wisatawan, seperti tubing, rafting, flying fox dan sepeda air. Anak-anak juga bakal betah karena bisa mandi di sungai sejuta bola atau naik perahu di sepanjang aliran sungai.

wariti 1

Riyadi dan Basuki Widodo selaku penggerak dan pengelola wisata ini menyatakan, aliran sungai sepanjang 3 km di wisata ini awalnya merupakan aliran pembagian air ke pertanian sekitar desa. Selain itu daerah ini juga menjadi tempat pembuangan sampah. Hingga akhirnya dibantu warga, mereka mulai membersihkan aliran sungai dan mengelolanya menjadi wisata air Gronjong Wariti.

“Inspirasi dan ide pembuatan wisata ini tercetus dari kondisi lingkungan disini. Karena banyak ditumbuhi bambu, kami manfaatkan untuk membuat selfie gazebo atau tempat kuliner. Semua diusahakan terbuat dari unsur bambu. Yang penting bersih sehingga pengunjung nyaman,” ujarnya (15/2).

Sementara itu Plt. Kades Mejono Abdul Mujito mengatakan pendapatan wisata ini berputar 20-30 juta setiap minggunya. Pengelolaan wisata ini juga didukung oleh Bumdes (badan usaha milik desa). Menurutnya, adanya wisata Gronjong Wariti ini juga mendatangkan tambahan pandapatan bagi warga desa.

wariti 2

Kami berterima kasih kepada Bupati dan Pemerintah Kediri atas dukungannya selama ini, sehingga kami bersemangat untuk maju kedepannya. Yang menjadi inspirasi adalah keterlibatan masyarakat sekitar untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih. Banyak sekali manfaatnya seperti aliran air ke lahan pertanian lebih lancar, juga mendatangkan uang bagi masyarakat,” katanya.

Saya berharap warga Desa Mejono selalu mendukung semua yang ada desa ini termasuk pengembangan UMKM nya dan dukungan dari pemerintah Kabupaten Kediri agar kedepannya semakin maju” harap Kepala Desa Mejono. (Kominfo/in,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh